Kiprah Neil Etheridge di Inggris

Jika mendengar nama penjaga gawang seperti David De Gea, Ederson Moraes hingga Petr Cech sekalipun pastinya sudah cukup paham. Bahwa semua pemain ini merupakan punggawa dari klub raksasa Inggris dalam beberapa musim terakhir. Lalu bagaimana dengan kiprah dari Neil Etheridge yang saat ini membela klub promosi Cardiff City.

Pastinya masih cukup kurang yang mengetahui kiper naturalisasi timnas Filipina iniĀ  hingga sekarang. Berikut catatan kiprah dari Neil Etheridge.

Kiprah Neil Etheridge di Inggris

Memulai Karir di Akademi Chelsea – Kiprah Neil Etheridge

Pada awalnya kiper yang memang merupakan asli kelahiran Inggris ini langsung masuk ke akademi raksasa Inggris, Chelsea. Tercatat Etheridge muda masuk menjadi skuat pada tahun 2003 silam yang saat itu masih usia sangat belia 13 tahun.

Berlanjut ke Fulham Junior – Kiprah Neil Etheridge

Selanjutnya Etheridge muda akhirnya berkarir di skuat Fulham muda pada tahun 2006 silam. Dan hingga akhirnya dirinya baru mulai bermain sebagai profesional pada tahun 2008 silam.

Namun karir dari Neil Etheridge memang sangat tidak mulus. Bahkan meski hanya membela klub Fulham dirinya masih gagal bersaing dan hingga akhirnya harus dipinjamkan ke klub lain.

Maklum saja, disaat yang bersamaan dirinya memang harus bersaing dengan kiper legenda asal Australia, Mark Schwarzer yang memang menjadi ikon dikompetisi Liga Inggris.

Gagal di Masa Pinjaman – Kiprah Neil Etheridge

Hingga akhirnya dirinya dipinjamkan ke Lethearhead dimusim 2008/2009 dan kembali gagal dan bahkan sama sekali tidak bermain 1 kalipun.

kemudian kembali dipinjamkan dan kali ini ke klub yang pernah bermain di Premier League Chalton Athletic, namun disini kembali dirinya tidak bermain satu kalipun ditahun 2011.

Setelah itu pada tahun 2012 dirinya kembali dipinjamkan. Kali ini Bristol City berminat menggunakan jasa pemain yang satu ini.

Dan disini dirinya sudah mulai tampil sebanyak 12 kali. Saat itu tim sendiri bermain di League Two yang merupakan kasta ke-4 Inggris (Satu tingkat diatas Amatir).

Hanya bertahan satu tahun kemudian dirinya kembali menjadi pemain pinjaman pada musim 2013/2014 silam. Dan klub Crewe Alexandra menjadi klub ke-4 Etheridge bela dengan status pinjaman dari Fulham.

Dan disini penampilannya kurang memukau hingga hanya bermain 4 kali saja. Namun meski begitu dirinya sudah mulai naik kasta karena bermain di League One yang merupakan divisi 3 Inggris.

Gabung Oldham Athletic – Kiprah Neil Etheridge

Hingga pada akhirnya pada 30 Oktober 2014 dirinya resmi bergabung dengan Oldham Athletic dengan status free transfer. Namun disaat bergabung dengan klub ini terdapat adanya kisah kelam dan perjuangan dari Neil Etheridge sendiri.

Dirinya sampai merasa putus asa hingga seperti gagal bermain di kasta teratas ditanah Eropa. Hingga sampai dirinya ingin kembali ke Filipina dan menjual semua investasinya seperti Rumah dan Mobil miliknya sebelum gabung klub yang satu ini.

Namun meski begitu dirinya harus kembali menjalani masa pinjaman. Dan kali ini kembali Chalton Athletic berminat meminjam Etheridge.

Meski begitu dirinya hanya tampil sebanyak 2 kali. Namun kali ini tim sudah tidak lagi berada di kasta bawah. Melainkan sudah bermain di divisi Championship atas kasta ke-2 Inggris.

Hingga pada akhirnya dirinya bergabung dengan Chalton dengan status resmi dengan masa kontrak singkat.

Gabung Walsall – Kiprah Neil Etheridge

Kiprah Neil Etheridge di Inggris 1

Namun kembali dirinya gagal bersaing hingga akhirnya kontrak dirinya habis pada akhrinya musim. Walsall menjadi peminat dari Neil Etheridge pada 2 Juli 2015 silam.

Dan disinilah karir dari Etheridge mulai bangkit. Dan bahkan dirinya menjadi pilihan utama dan bermain sebanyak 50 kali dalam satu musimnya.

Bahkan dirinya sukses membawa tim kebabak playoff League Two sebelum akhirnya kandas ditangan Barnsley dibabak semifinal.

Dimusim keduanya bersama klub dirinya kembali menunjukkan kemajuan. Dan lagi-lagi dirinya menjadi pilihan utama klub.

Tercatat hingga dirinya tampil sebanyak 44 kali dan mencetak 12 kali Clean sheet. Dan dirinya sukses membawa tim duduk diposisi 14.

Gabung Cardiff City – Kiprah Neil Etheridge

Melihat hal tersebut langsung membuat klub Divisi 2 Inggris Cardiff City melirik Neil Etheridge yang dinilai sebagai salah satu kiper potensial, serta menggantikan sosok Lee Camp yang cedera.

Dan benar saja pantauan manajemen tim sangat jitu. Dirinya mampu tampil impresif selama satu musim dengan selalu menjadi pilihan utama di 45 laga tim dikasta ke-2 Inggris.

Bahkan dirinya sukses membawa klub promosi ke kompetisi utama Liga Inggris dan menjadi orang Asia Tenggara pertama yang bermain di kompetisi Inggris.

Tercatat bahwa Etheridge harus berjuang selama 8 tahun dikasta bawah Inggris dengan melalang buana hingga kembali ke kompetisi Premier League.